Jumat, 08 Mei 2020

MATERI TEMATIK KELAS 4 TEMA 7 KURIKULUM 2013

      Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan dan keragaman budaya, ras, bahasa daerah, suku bangsa, agama dan kepercayaan, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya dan lain sebagainya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya 'meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua'. Ke-bhinekaan Indonesia adalah salah satu hal yang khas dan menarik dari Indonesia. Bhineka Tunggal
ika menjadi simbol dari kekayaan bangsa Indonesia akan adat, budaya, suku dan berbagai perbedaan lainnya, yang meski berbeda, tapi tetap bisa hidup berdampingan dan harmonis di bawah nama Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan dan keragaman budaya, ras, bahasa daerah, suku bangsa, agama dan kepercayaan, dan masih banyak lainnya. Meskipun penuh dengan keragaman budaya dan lain sebagainya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyan Bangsa Indonesia, yaitu Bhineka Tunggal Ika yang artinya 'meskipun berbeda-beda tapi tetap satu jua'.Ke-bhinekaan Indonesia adalah salah satu hal yang khas dan menarik dari Indonesia.Bhineka Tunggal Ika menjadi simbol dari kekayaan bangsa Indonesia akan adat, budaya, sukudan berbagai perbedaan lainnya, yang meski berbeda, tapi tetap bisa hidup berdampingan dan harmonis di bawah nama Negara Kesatuan Republik Indonesia.Suku bangsa di Indonesia. Ada begitu banyak dengan berbagai ragam budaya,adat dan kekhasannya masing -masing. Jika ditelusuri, ada ratusan, atau mungkin saja hampir seribuan suku bangsa yang pernah tinggal dan berkembang di Indonesia. Nah, sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang kaya, ada baiknya bila kita mengenal apa sajadaftar suku bangsa di Indonesia yang begitu banyak ini. Berikut ini, terdapat setidaknya lebih dari 400 suku bangsa di Indonesia beserta daerah asal dari suku tersebut. Simak ya!

1. SUMATERA
      
       Sumatera bagian barat atau Padang memiliki pakaian adat yang disebut BundoKanduang. Berupa baju kurung dihiasi taburan pernik yang melambangkan kekayaanalam Sumatera. Keunikan aksesoris terdapat pada bentuk penutup bagian kepalanya yangmenyerupai tanduk kerbau. Bentuk tersebut juga digunakan pada bagian atap rumah adat Sumatera Barat.

2. KALIMANTAN
       
     Pulau Kalimantan memiliki sumber daya alam terbanyak dibanding dengan pulau lain di Indonesia. Selain itu, ternyata pulau Kalimantan masih kental dengan seni tari tradisional dari nenek moyang mereka. Kebudayaan tersebut masih ada lho, namun tidak memberi kesan kolot .Seni tari Kalimantan mengundang para wisatawan asing untuk datang kesana. Dan tidak disangkal terkadang banyak bule.

3. SULAWESI

        Sulawesi selatan yang merupakan ibu kota Makassar yang dikenal sebagai salahsatu kota yang paling terkenal di wilayah Indonesia Tengah. Kota Makassar sendirimemiliki sejarah yang sangat panjang dalam perjalanan bangsa Indonesia dengan adanyaragam suku bangsa seperti Bone dan Mandar, Duri dan juga Pattinjo dan juga beberapa suku lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler