Jumat, 08 Mei 2020

RPP SATU LEMBAR KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         : SD ..............................
Kelas /Semester            :  IV/2(Dua)
Tema                              :  7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema                        :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran ke-         : 1
Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, dan IPA
Alokasi Waktu              :   6 x 35 menit(6 JP)

 TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampumenemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi barumengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan artinya dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
5. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertiangaya dengan tepat.
6. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskanpengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat..

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti
Ayo Membaca
1.      Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia.

Ayo Berdiskusi
1.      Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar   Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
Contoh:
·         Slogan artinya kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat.
·   Sensus penduduk adalah penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah.
·       Adat artinya aturan atau kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu.
·    Siswa berdiskusi kelompok untuk melengkapi tabel kata-kata sulit dan artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa. Hasil pekerjaan ini dapat digunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
·         Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.

Ayo Bercerita
1.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka.
2.      Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
3.      Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
4.      Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban yang diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka bendi atau pedati akan bergerak (berpindah tempat).

Ayo Mencoba
1.      Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
2.      Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel pengamatan.
3.      Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah tempat. Gaya juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
Tugas
  • Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas.
Ayo Mengamati
1.      Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
2.      Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
  • Mobil pada gambar dapat bergerak karena didorong menggunakan kekuatan otot.
  • Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik.
  • Jarum dapat menempel karena tarikan gaya magnet.
  • Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
  • Lemari mudah digeser dengan bantuan keset/kain yang diletakkan di bawah lemari.
3.      Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya otot terhadap benda.

Ayo Berdiskusi
(Jawaban yang diharapkan:
1.      Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot makhluk hidup, baik manusia atau hewan.
2.      Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah tempat atau berubah bentuk).

Ayo Membaca
1.      Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
2.      Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasi-informasi baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan tanda baca yang benar.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog Dicari Guru,com
Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui
Kepala SDN ..........................



..........................

..............................................
Guru Kelas



..........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler