RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD ..............................
Kelas /Semester :
IV/2(Dua)
Tema
: 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran ke- : 1
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit(6 JP)
1. Setelah
mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampumenemukan informasi tentang
suku bangsa di Indonesia dengan benar.
2. Setelah
membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi barumengenai suku bangsa di
Indonesia dengan tepat.
3. Setelah berdiskusi,
siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan danmampu menjelaskan artinya
dengan tepat.
4. Setelah
berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokokpikiran setiap paragraf
dalam bacaan dengan benar.
5. Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertiangaya dengan tepat.
6. Setelah
melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskanpengertian gaya otot
dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran
siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
(literasi)
Kegiatan
Inti
Ayo Membaca
1.
Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di
Indonesia.
Ayo Berdiskusi
1. Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan,
selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan
dalam buku catatannya.
Contoh:
·
Slogan artinya kalimat pendek
yang menarik dan mudah diingat.
· Sensus penduduk adalah
penghitungan jumlah penduduk dalam jangka waktu tertentu oleh pemerintah.
· Adat artinya aturan atau
kebiasaan yang telah dilakukan sejak dahulu.
· Siswa berdiskusi kelompok untuk
melengkapi tabel kata-kata sulit dan artinya dari teks bacaan pada Buku Siswa.
Hasil pekerjaan ini dapat digunakan untuk bahan tanya jawab antarsiswa.
·
Siswa berdiskusi untuk
menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan.
Ayo Bercerita
1. Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil
diskusi kelompok mereka.
2. Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi
tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
3. Siswa menceritakan alat transportasi tradisional
yang pernah ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain.
4. Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa. Jawaban
yang diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka
bendi atau pedati akan bergerak (berpindah tempat).
Ayo Mencoba
1. Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di
sekitarnya.
2. Siswa menuliskan hasil percobaan dalam tabel
pengamatan.
3. Catatan: Gaya dapat menyebabkan benda berpindah
tempat. Gaya juga dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
Tugas
- Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang
telah dilakukan atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas.
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu
menentukan macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
2. Jawaban yang diharapkan adalah sebagai berikut.
- Mobil pada gambar dapat bergerak karena
didorong menggunakan kekuatan otot.
- Lampu dapat menyala karena ada aliran
listrik.
- Jarum dapat menempel karena tarikan gaya
magnet.
- Buah jatuh dari pohon karena tarikan dari bumi.
- Lemari mudah digeser dengan bantuan
keset/kain yang diletakkan di bawah lemari.
3. Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang
menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan
pengaruh gaya otot terhadap benda.
Ayo Berdiskusi
(Jawaban yang diharapkan:
1. Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot
makhluk hidup, baik manusia atau hewan.
2. Pengaruh gaya otot terhadap benda: benda berpindah
tempat atau berubah bentuk).
Ayo
Membaca
1. Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
2. Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan
informasi-informasi baru dalam teks. Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat
dan penggunaan tanda baca yang benar.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali
oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog
Dicari Guru,com
Kegiatan
Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN ..........................
..........................
|
..............................................
Guru Kelas
..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar