RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD................
Kelas /Semester :
IV/2(Dua)
Tema
: 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran ke- :
2
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan IPA,SBdP
Alokasi Waktu :
6 x
35 menit (6 JP)
1. Setelah menyanyikan lagu
“Apuse”, siswa mampu menemukan naikturunnya nada pada lagu “Apuse” dengan
tepat.
2. Setelah berlatih, siswa
mampu menyanyikan lagu “Apuse” sesuai dengannaik turunnya nada pada lagu
“Apuse” dengan percaya diri.
3. Setelah berdiskusi, siswa
mampu mengenal contoh-contoh pemanfaatangaya otot dalam kehidupan sehari-hari
dengan benar.
4. Setelah membaca kembali
teks “Suku Bangsa di Indonesia”, siswamampu menuliskan pengetahuan yang sudah
diketahui dan pengetahuanyang baru diperoleh dari bacaan dengan tepat..
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran
siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
(literasi)
Kegiatan
Inti
Ayo
Mengamati
1.
Siswa mencermati not dan syair lagu “Apuse”.
2.
Guru memberi contoh menyanyikan lagu “Apuse”.
Ayo Bernyanyi
1. Siswa menyanyikan lagu “Apuse” bersama dengan teman-temannya
Ayo Berdiskusi
1. Siswa berdiskusi mengenai naik turunnya nada pada
lagu “Apuse”.
2. Diskusi dapat dilakukan dalam kelompok-kelompok
kecil. Selanjutnya, tiap-tiap kelompok membacakan hasil diskusinya untuk
dibandingkan dengan hasil diskusi kelompok-kelompok lain.
Ayo Bercerita
1. Siswa menceritakan hasil diskusi kelompok di depan
kelas secara bergantian.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan
yang menggunakan gaya otot.
Ayo Mencoba
1. Siswa melakukan percobaan yang melibatkan gaya otot.
Ayo Berdiskusi
1. Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh
pemanfaatan gaya otot dalam kehidupan sehari-hari.
2. Siswa membaca kembali teks “Suku Bangsa di
Indonesia”. Selanjutnya siswa menuliskan pengetahuan yang sudah diketahui dan
pengetahuan yang baru diperoleh dari bacaan.
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali
oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog
Dicari Guru,com
Kegiatan
Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN ..........................
..........................
|
..............................................
Guru Kelas
..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar