RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD ...................
Kelas /Semester :
IV/2(Dua)
Tema
: 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema : Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran ke- :
3
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia, dan PPKn,IPS
Alokasi Waktu :
6 x
35 menit (6 JP)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa
mampu mengenal keadaan pulau-pulau diIndonesia dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa
mampu memahami hubungan antara banyaknyasuku bangsa dengan kondisi wilayah di
Indonesia dengan benar.
3. Setelah membaca teks,
siswa mampu menuliskan informasi baru yangterdapat dalam teks dengan tepat.
4. Setelah melakukan
permainan, siswa mampu mengenal suku bangsa yangada di Indonesia dengan benar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pendahuluan
Ø Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran
siswa
Ø Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
(religius).
Ø Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat
Nasionalisme.
Ø Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit
(literasi)
Kegiatan
Inti
Ayo
Mengamati
1.
Siswa mengamati peta kepulauan Indonesia.
Ayo Berdiskusi
1. Siswa berdiskusi mengenai keadaan pulau-pulau yang ada di Indonesia hubungannya
dengan kondisi daerah dan penduduk.
2. Hasil yang diharapkan adalah siswa dapat menjelaskan
bahwa dengan kondisi antarpulau yang berjauhan berakibat pada kondisi setiap
daerah dan penduduknya berbeda-beda.
3. Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok
lain.
4. Siswa berdiskusi mengenai hubungan antara banyaknya
suku bangsa dengan kondisi wilayah di Indonesia.
5. Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok
lain.
Ayo
Membaca
1. Siswa membaca teks tentang faktor penyebab keragaman
masyarakat Indonesia
Ayo Berdiskusi
1. Siswa berdiskusi mengenai informasi baru yang
diperoleh dari teks bacaan.
2. Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman suku
bangsa di Indonesia. Siswa tidak dituntut untuk menghapalkansemua nama suku
bangsa. Namun, setidaknya siswa mengetahui suku-suku bangsa di daerah tempat
tinggalnya.
Ayo Bermain Peran
1. Siswa melakukan permainan seperti dalam Buku Siswa
untuk mengenali suku bangsa di Indonesia
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali
oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog
Dicari Guru,com
Kegiatan
Penutup
Ø Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian
Keterampilan
Mengetahui
Kepala SDN ..........................
..........................
|
..............................................
Guru Kelas
..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar