Jumat, 08 Mei 2020

RPP SATU LEMBAR KELAS 4 TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                         :  SD ...................
Kelas /Semester            :  IV/2(Dua)
Tema                               : 7. Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema                        :  Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran ke-         :  3
Fokus Pembelajaran    :  Bahasa Indonesia, dan PPKn,IPS
Alokasi Waktu              :  6 x 35 menit (6 JP)



 TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengenal keadaan pulau-pulau diIndonesia dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu memahami hubungan antara banyaknyasuku bangsa dengan kondisi wilayah di Indonesia dengan benar.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi baru yangterdapat dalam teks dengan tepat.
4. Setelah melakukan permainan, siswa mampu mengenal suku bangsa yangada di Indonesia dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Ø  Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
Ø  Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
Ø  Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
Ø  Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti
Ayo Mengamati
1.      Siswa mengamati peta kepulauan Indonesia.

Ayo Berdiskusi
1.      Siswa berdiskusi mengenai keadaan  pulau-pulau yang ada di Indonesia hubungannya dengan kondisi daerah dan penduduk. 
2.      Hasil yang diharapkan adalah siswa dapat menjelaskan bahwa dengan kondisi antarpulau yang berjauhan berakibat pada kondisi setiap daerah dan penduduknya berbeda-beda.
3.      Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok lain.
4.      Siswa berdiskusi mengenai hubungan antara banyaknya suku bangsa dengan kondisi wilayah di Indonesia.
5.      Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelompok lain.

 Ayo Membaca
1.      Siswa membaca teks tentang faktor penyebab keragaman masyarakat Indonesia

Ayo Berdiskusi
1.      Siswa berdiskusi mengenai informasi baru yang diperoleh dari teks bacaan.       
2.      Siswa mencermati teks bacaan tentang keragaman suku bangsa di Indonesia. Siswa tidak dituntut untuk menghapalkansemua nama suku bangsa. Namun, setidaknya siswa mengetahui suku-suku bangsa di daerah tempat tinggalnya.         
Ayo Bermain Peran
1.      Siswa melakukan permainan seperti dalam Buku Siswa untuk mengenali suku bangsa di Indonesia
Kegiatan Bersama Orang Tua
Ø  Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog Dicari Guru,com

Kegiatan Penutup
Ø  Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
Ø  Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
Ø  Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
Ø  Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan


Mengetahui
Kepala SDN ..........................



..........................

..............................................

Guru Kelas



..........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler